modifikasi jupiter mx

Motor Modifikasi Jupiter MX

By Motor Brain

Melakukan modifikasi jupiter mx terutama pada bagian mesin sangat banyak sekali ragamnya, semua itu tergantung seperti apa nanti penggunaannya. Dari mulai melakukan bore up yang pada kapasitas mesin standardnya 135cc menjadi 150cc, 165cc, 175cc, ataupun hingga 200cc bahkan 250cc, semua itu bisa saja di lakukan tergantung seperti apa fungsi dan penggunaannya.

Sekilas Mengenai Jupiter MX

Pada dasarnya setiap mesin sepeda motor pasti memiliki beberapa kekurangan serta keunggulan, untuk itu mesin yamaha jupiter MX ini pun demikian juga.

Untuk jupiter MX ini pada silindernya sudah mengaplikasi sistem terbaru yakni diasil silinder, yaitu pada bagian liner silinder yang bahannya terbuat dari lapisan silicon yang telah di lebur menjadi satu dengan alumunium.

Yang pada efeknya yaitu mengurangi gesekan antara silinder dan piston atau seher sehingga pada intinya dapat mengurangi angka keausan yang menyebabkan kerusakan, dan juga sistem diasil silinder ini mampu meredam panas yang dihasilkan pada silinder ini bisa lebih di minimalkan.

Namun kekurangan pada silinder jenis ini tidak bisa di oversize atau istilahnya di kolter. Dan juga jupiter MX ini telah mengaplikasi pendinginan air atau mengaplikasi radiator atau sistem liquid cooled, sistem ini mampu menahan kompressi tinggi hingga pada kompressi 11:1 bahkan lebih.

Spesifikasi Standar Pabrik

Tanpa melakukan modifikasi jupiter mx, pada kondisi standar dari pabriknya pun Jupiter mx ini sudah memiliki spesifikasi yang tidak bisa di anggap remeh yaitu, mengusung tipe mesin 4 langkah dengan mempergunakan 4 klep SOHC dan berpendinginan menggunakan radiator yakni pendingin air.

Mesin jupiter mx ini menggunakan satu silinder bervolume 134.4cc, dengan diameter 54.0 mm dan langkah 58.7mm, kompressi yang dihasilkan 10.9:1, dan memiliki daya maksimum mesin 9.21kw atau sekitar 8500 rpm dengan torsi maksimumnya 12.14 Nm atau sekitar 6000 Rpm.

Mempergunakan sistem kick starter dan juga starter listrik, serta menggunakan sistem pelumasan basah dengan kapasitas oli total yakni 1.15 liter dan pada pergantian oli berkala 0.94 liter. mempergunakan karburator BS25-58X1dan bertipe kopling basah dengan banyak plat, serta sistem rotari yang di pergunakan pada transmisinya.

Tipe rangka yang di pergunakan yaitu tipe diamond, dengan suspensi belakang lengan ayun dengan sobreker tunggal dan pada suspensi depan menggunakan teleskopik. Rem depan dan belakang memakai tipe cakram, untuk ban belakang jupiter MX standar ukuran 100/70-17M/C 49P sedangkan pada ban depan ukuran 70/90-17M/C33P.

Panjang sepeda motor yamaha MX 1.960mm dengan lebar 690 mm serta tinggi 1.080 mm. Sedangkan pada jarak sumbu roda yaitu 1.245mm, dan jarak terendah ke tanah mencapai 140 mm, dengan tinggi jok 770mm. Jupiter MX ini memiliki bobot standar 109 kilogram dengan kapasitas tampung bahan bakar yakni empat liter.

Pada sistem pengapian standar pabrik jupiter MX menggunakan CDI tipe DC, dengan battery berkode YB5L-B(12 volt 5 ampere atau GM5Z-3B. Dan terakhir busi yang di pergunakan yaitu merek NGK CPR8EA-9 atau punya busi merek Denso U24EPR-9

Modifikasi Jupiter MX – Bore Up Piston

Pada artikel panduan modifikasi jupiter mx untuk bisa menghasilkan spesifikasi mesin 150cc bahkan lebih kita bisa merubahnya dengan menggunakan block silinder vixion, atau juga ada beberapa block aftermarket set kapasitas 150cc.

Selain itu bisa dengan mengaplikasi piston milik motor tiger atau piston yamaha scorpio Z, atau juga piston punya motor vixion, dan juga piston punya suzuki thunder 125 pun bisa di gunakan.

Namun jika memakai piston milik yamaha scorpio Z perubahan mesin tidak tangung-tanggung bisa mencapai 300cc an, kalau pakai piston punya honda tiger bisa naik sekitar 250 cc, jika pergunakan piston punya yamaha vixion satu set berikut block dan kop silindernya pun sama, hasil kenaikan CC nya terlalu besar.

Namun jika untuk kapasitas segini gede di buat untuk harian kayaknya akan sangat terasa mubazir jika penggunaannya hanya pada aktifitas sehari-hari, namun jika di pergunakan untuk keperluan balapan sih oke-oke saja malah disarankan seperti ini.  

Atau bisa juga dengan mengaplikasi piston punya suzuki satria FU namun perlu penyesuaian pada pen piston, serta menambah packing block silinder yang di buat sendiri dari alumuniun sekitar kurang lebih 2mm. Atau bisa juga memakai piston Forged ukuran 62mm merek TDR. ada juga piston merek BM1 yang memiliki diameter tambun 65mm yang lubang pin pistonnya sama.

Hati-hati dengan ketebalan liner silinder jangan terlalu tipis karena akan mudah pecah dan di sarankan minimal ketebalan yakni 2,5mm , serta dalam mengaplikasi piston dari jenis apapun itu harus memperhatikan jarak top kepala piston harus disesuaikan serta panjang dinding piston juga jangan sampai terlewat panjang karena akan membentur kruck as.

Kondisi standarnya yamaha jupiter MX ini memiliki kapasitas 134.4cc, modifikasi jupiter MX ini yang paling saya sukai yaitu pakai piston merek Kawahara yang paketan atau yang di jual satu set, dengan piston diameter 61,9mm yang jika di hitung silinder modifikasi jupiter MX ini akan menghasilkan 176.6cc, atau dibulatin jadi 177cc. ukuran segini saya rasa sudah cukupan untuk pemakaian harian malah sudah termasuk gede.

Piston gede tanpa di imbangi dengan klep gede rasanya akan sangat sangat sulit mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini bisa kita akali dengan pemakaian klep yang sama dari produk kawahara jadi akan bisa klop dengan posisi coakan pada piston. untuk kem juga produk dari merek yang sama yakni kawahara yang saya rasa sangat bagus ataupun punya daytona.

Lubang-lubang pada block silinder bisa di lebarin dari 0.5 mm sampai 1.5 mm dan di buat sampai halus mengkilap jika di pergunakan untuk trek lurus dan panjang, namun untuk trek patah-patah atau untuk penggunaan harian dan banyak pemakaian buka tutup gas lebih baik jangan terlalu halus.

Pada panduan Modifikasi jupiter MX agar mampu mengimbangi piston gede serta klep gede maka karburator bisa kita gunakan punya Honda NSR SP yaitu Keihin 28 mm, bisa juga mengaplikasi karburator produk mikuni TM 24 atau juga karburator 28mm dari merek sudco, kampas kopling serta chamsaft atau noken as pun bisa pakai punya TDR atau Kawahara.

Pada bagian pengapian bisa juga mengaplikasi produk aftermarket lagi yang bisa jadi andalkan. Untuk mendapatkan pengapian yang baik kita bisa menggunakan CDI punya CDI XP HP 7 Andrion, BRT, Cheetah Power/ Vortex, Rextor Monster, atau pun produk aftermarket lainnya, selain produk aftermarket yang agak cocok bisa mengaplikasi punya motor mio.

Sedangkan untuk urusan koil punya yamaha YZ 125 yang terkenal lumayan ampuh dan ini bisa di gunakan, kalo yang agak murah bisa pakai koil Supra X 125 Selain itu perlu di pertimbangkan juga produk pengapian set merek kawahara yang akan sangat membantu menghasilkan pengapian yang tidak kalah bengis.

Untuk bagian kaki-kaki pada pelek lebih baik pakai saja pelek yang berbahan ringan seperti alumunium dari produk aftermarket ternama seperti merek rossi, merek TK, merek TDR ataupun merek aftermarket lainnya. begitu juga dengan pemakaian ban, pilih sesuai kebutuhan jangan asal ban yang buat gaya yang paling utama hindari ban yang berwarna-warni karena ban seperti ini tidak baik untuk di ajak melaju kencang.

Tambahan Lainnya Untuk Modifikasi Jupiter MX

Untuk mengimbangi penampilan mesin yang sudah mengalami perubahan seperti ini, ada baiknya pada grip gas paling sip pakai milik Daytona atau Magura, TDR dan BRT, begitu pula degan peranti pendukung lainnya seperti kabel slang rem, kabel gas, laher kruk as, seal, dan lainnya harus di perhatikan, walaupun tidak bisa ganti dengan merek racing, dengan memakai produk standar saja asal kondisinya masih layak saya rasa sudah cukup untuk menambah bagusnya penampilan serta sedikit mendongkrak mesin modifikasi jupiter MX.

Semoga apa yang motor brain tulis di situs bisnis motor mengenai modifikasi jupiter MX ini bisa bermanfaat, dan anda bisa memberi komentar serta pertanyaan dengan sopan agar kita bisa bahas bersama.

Salam Otomotif

    “Motor Brain”
Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 bisnismotor.com
bisnismotor.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap