modifikasi jupiter z

Panduan Modifikasi Jupiter Z

By motor Brain

Sebelum kita membahas tentang modifikasi jupiter z 110 cc, ada baiknya kita harus mengetahui seperti apa kondisi standard dari sepeda motor jupiter z ini.

Dengan begitu kita akan tahu dan bisa mengira–ngira apa saja yang akan kita lakukan modifikasi pada sepeda motor jupiter z.

Acuan Dasar Modifikasi

Jika melihat kebelakang pada sejarah lahirnya sepeda motor jupiter z, jenis dari produk yamaha ini sangat banyak memiliki kelebihan sehingga sangat di gemari oleh masyarakat luas.

Sebelum lahir yamaha jupiter z, telah hadir varian lain yaitu yamaha crypton, yamaha jupiter Dan yamaha vega. Jadi jupiter z ini adalah bentuk pengembangan produksi dari ketiga varian tersebut.

Kelebihan yang dimiliki oleh yamaha jupiter z ketimbang keluaran pendahuluna yaitu Crypton, Jupiter, vega adalah munculnya beberapa pengembangan yang di lakukan pihak yamaha dari spek mesin hingga bodi. Beberapa pengembangan itu antara lain :

Spesifikasi Standard Pabrik Yamaha Jupiter Z

Yamaha jupiter z ini mengusung mesin type four stroke (empat langkah). Sistem SOHC dengan 2 buah klep, yang memakai sistem pendinginan udara. Berdiameter 51,0 dengan langkah 54,0.

Sebelum melakukan modifikasi jupiter z pada standard pabriknya mesin jupiter z tahun 2003 ini Volume silindernya berkapasitas 110,3 cc. Dengan kepadatan perbandingan kompresi mencapai 9,3:1. Kemampuan power mesin nya mampu berkitir hingga 8000 rpm atau 8,8 HP. Sedangkan pada torsi maximal mesin jupiter z ini berputar pada putaran 5000 rpm atau 0,92 kgf.m.

Dari segi pelumasan mesin Yamaha jupiter z menganut sistem pelumasan basah dengan kapasitas oli mesin 800 cc pada penggantian berkala, sedangkan pada penggantian total atau disaat turun mesin, harus di isi dengan kapasitas satu liter.

Bagian sistem bahan bakar jupiter z, Pada karburator nya mengaplikasi merk mikuni vm 17 x 1 dengan setelan angin normal pada 1-3,8 putaran yang berlawanan arah jarum jam, saat Putaran langsam atau normal pada 1,500 rpm. Dan jupiter z ini memiliki saringan udara yang bertipe kering juga untuk sistem starternya menggunakan starter engkol dan juga motor starter. pada sistem transmisi menggunakan tipe rotary dengan empat percepatan dengan posisi persneling yaitu ( N – 1 – 2 – 3 – 4 – N ).

Sektor Chasis standard 

Pada tipe chasis atau rangka menggunakan model pipa atau model underbone, sedangkan pada sistem suspensi depan mempergunakan model teleskopik dan suspensi belakang mengaplikasi sistem lengan ayun dengan mempergunakan dua sobreker. Dan jika melakukan modifikasi jupiter z pada sektor akan menambah kerennya tampilan.

Sistem pengereman bagian depan pada jupiter z ini mempergunakan cakram tunggal berdiameter 220 mm, sedangkan pada rem belakang masih menggunakan model tromol berbahan non asbestos.

Ban depan pada jupiter z menggunakan ukuran 70/90-17,38p (mempergunakan ban dalam / non tubeles). Pada ban belakang menggunakan ukuran 80/90 – 17,44p (juga menggunakan ban dalam / non tubeles). Ukuran rantai memakai ukuran 428.

Sektor kelistrikan standard 

Yamaha jupiter z memakai lampu depan bertegangan 12 volt, 32 watt. dan pada lampu sein (righting) depan dan belakang bertegangan 12 volt,10 watt. lampu rem bertegangan 12 volt,5watt. dengan kapasitas battery berkode GM5Z – 3B / YB 5L – B 12 Volt 5,0 Ah.

Sedangkan pada busi memakai type NGK C6-HSA /atau juga bisa dengan merk Denso U 20 FS-U. Dan pada sistem pengapian menganut model DC CDI, berbeda dengan versi model lawasnya seperti yamaha crypton yang masih menggunakan pengapian CDI tipe AC yang berarti tegangan utamanya ada pada putaran sepul, sedangkan untuk jenis CDI DC pengapiannya mengandalkan aki. Jika modifikasi jupiter z pada sektor CDI dan busi akan memberikan dampak yang sangat baik pada pembakaran.

Sektor Dimensi standard 

Sepeda motor jupiter z mempunyai panjang 1.910 mm, dengan lebar 680 mm dan tinggi 1.045mm. tempat duduk atau jok mempunyai tinggi 760 mm, dan jarak sumbu roda adalah 1.230 mm, jarak terendah ketanah 140 mm, dengan kapasitas tangki bahan bakar atau tangki bensin mampu menampung hingga 4,2 liter. Dan yang terakhir pada berat bersih kosong yamaha jupiter ini adalah 98 kg.

Nb:

- Keterangan di atas hanya sekedar menjadi acuan saja untuk melakukan modifikasi Setelah kita mengetahui spesifikasi standard pabrik sepeda motor yamaha jupiter z, sekarang kita bisa menentukan apa saja yang sekiranya di perlukan sebelum melakukan modifikasi. buka di sini untuk melihat, modifikasi full racing Jupiter z, panduan modifikasi karburator jupiter z, contoh modifikasi terbaik, Rahasia dapur mekanik.

Yamaha Jupiter Z Di Ganti Adiknya Yamaha Jupiter Z1 

Namun era jayanya jupiter z ini telah berakhir setelah di lakukan modifikasi jupiter z oleh para insinyur tekhnik yamaha, yaitu “Jupiter Z1”. Hadir dengan beberapa keunggulan terbarunya seperti, sistem injeksi yang diterapkan membuat Jupiter Z1 ini mampu lebih irit bahan bakarnya sekitar 20 % melebihi Jupiter Z versi karburator.

Selain itu technologi terbaru lainnya adalah YZ Crankshaft Techmology, yang di pakai oleh yamaha YZ450F jenis trail, techlogy ini membuat torsi serta akselerasi pada mesin meningkat tajam. Technology terbaru lainnya yang diterapkan adalah Technology Forged Piston dan Low Friction Technology yang mampu meningkatkan performa mesin hingga 20 persen.

Fungsi dasar dari Forged Piston yaitu menjadikan mesin ringan  dan berdaya tahan tinggi terhadap kinerja mesin. sedangkan fungsi dasar dari Low Friction Technology adalah  meminimalkan hambatan pada  mesin. (secara  lebih terperinci penjelasan tentang technology Jupiter Z1 ini, silahkan lihat Panduan Modifikasi Jupiter Z1 )

Semoga Panduan modifikasi Jupiter Z ini bermanfaat serta bisa menjadi acuan atau ilmu dasar sebelum melakukan modifikasi.

Salam Otomotif

    “Motor Brain”
Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 bisnismotor.com
bisnismotor.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap