modifikasi motor supra

Panduan Modifikasi Motor Supra

By  Motor Brain

Situs bisnis motor di motor brain kali ini membahas bagaimana melakukan modifikasi motor supra X125.

Untuk itu bisa kita awali dengan membangun kaki-kaki yang menjadi salah satu kunci utama dalam aktifitasnya sebuah sepeda motor, baik itu untuk keperluan harian maupun balapan karena begitu fatal hingga dalam melakukan modifikasi motor hal jangan sampai di sepelekan.

Tidak perduli jenis motor apapun itu, hal ini sangat fatal dan berguna sekali dalam aktifitas penggunaannya apalagi pada saat melakukan manuver, dan pada tips panduan modifikasi kali ini kita akan fokus pada model korek harian.

Modifikasi Motor Supra - Swing Arm

Awal dari tips panduan modifikasi motor supra yaitu kita mulai pada bagian swing arm, karena pada motor supra X125 swing arm nya kurang maksimal jika harus di pakai untuk keperluan sehari-hari apalagi untuk balapan liar dan road race maupun drag bike akan Sangat  terasa sekali kekurangannya.

Karena bodi belakang suka goyang-goyang seperti si inul, hehehe.... apalagi di saat menikung pada kecepatan tinggi akan lebih terasa lagi. Maka hal ini bisa di akali dengan penggantian shocbreker serta swing arm atau lengan ayun.

Lengan ayun supra X125 bisa kita ganti dengan milik honda blade yang lumayan stabil jika di ajak menikung pada kecepatan tinggi, lengan ayun honda new blade ukurannya sama saja dengan punya honda supra X125. 

Yang membedakannya hanya pada bagian belakang dudukan as roda punya supra X125 modelnya gepeng sedangkan punya new blade bentuknya kotak. Efek dari model gepeng kurang kuat pegangannya jadi suka berubah-rubah sedangkan model kotak akan terus anteng dan kuat pada posisi yang di setel.

Pada tips panduan modifikasi motor supra untuk lebih menstabilkan goyangan pada bagian buritan bisa kita ganti sobreker punya produk Daytona ataupun produk Ohlins yang sama-sama  terkenal enak di ajak manuver serta menikung pada kecepatan tinggi, tinggal bagaimana menyetel tinggi shockbreker belakang agar memperoleh traksi yang di inginkan, serta di sesuaikan juga dengan berat joki.

Modifikasi Motor Supra - Mesin

Bore Up Piston Dan Papas Blok silinder

Tips panduan Modifikasi motor supra selanjutnya kita beralih pada mesin, yang mana untuk meningkatkan kemampuan mesin, piston bisa kita aplikasi dari motor kawasaki kaze atau juga bisa mengaplikasi piston racing bermerek Daytona, merek Izumi atau pun merek DG.

Pokoknya cari yang permukaan piston rata dan jangan terlalu cembung karena pengaruhnya kompresi akan menjadi terlalu tinggi yang pada hasilnya untuk pemakaian harian akan terasa kurang nyaman.

Hasil kolteran di poles halus licin mengkilap bisa buat ngaca dengan clearance antara dinding piston dan dinding silinder di beri toleransi jarak aman aman 0.03mm. dasar kepala piston di beri coakan dan di tata hingga sesuai dengan diameter klep agar tidak terjadi benturan.

Kepala piston di atur hingga menghasilkan jarak antara bibir piston dan bibir silinder sekitar 0.2mm sampai 0.3mm. jika terlalu renggang akan berakibat pada kemampuan mesin yang akan menurun pada rpm menengah hingga pada rpm puncak.

Modifikasi motor supra pada bagian permukaan silinder di kepras cukup 0.8mm sampai 1 mm ukuran segini untuk amannya, dan juga berguna untuk menaikan kompresi karena dengan memapas permukaan silinder sama saja dengan mengangkat permukaan piston lebih mendekati ruang bakar.

Dan ini pun secara langsung sedikit menurunkan kompresi karena pemotongan permukaan silinder tadi yang berakibat naiknya kompresi yang agak tinggi.

Modifikasi Motor Supra - Klep Dan Per Klep

Klep bisa memakai produk racing BRT, Kitaco, HRP, TDR, namun selain produk racing ini kita bisa mengandalkan klep bawaan honda sonic yang berdiameter klep in 28mm dan klep ex diameter 23mm.

Untuk per klep pun bisa mengandalkan produk racing seperti di atas atau jika tetap mengandalkan milik supra X125 maka di tambahkan per dalam dari honda supra versi lawas yang terkenal keras dan cukup kuat, atau juga dengan memakai per klep punya suzuki shogun di jamin mantap cengkramannya.

Modifikasi Motor Supra - Kem Atau Noken AS

Untuk urusan kem atau noken as bisa dengan mengatur derajat buka tutup klepnya melalui tonjolannya, namun pada artikel bisnis motor dan tips panduan dalam melakukan modifikasi motor supra pada kasus ini hanya khusus bagi mekanik yang sudah berpengalaman saja yang mungkin mampu mengatur derajat noken as.  

Jika di lakukan oleh mekanik pemula saya jamin resiko yang di alami adalah siap-siap panggil tukang rongsokan lalu di timbang, heeeheee... karena untuk menentukan durasi kem atau noken as ini sungguh sulit dan butuh jam terbang tinggi, serta filling yang kuat.

Saran saya mendingan beli jadi saja dari beberapa pilihan produk racing yang banyak bertebaran di toko asesories, kita bisa memilih sesuai dengan durasi kem yang kita inginkan contohnya kem berdurasi tinggi 260 derajat hingga 280 derajat, ukuran segini sudah sangat bagus untuk harian jadi kita sudah tidak terlalu memikirkan daya tahan dan pengaturan lainnya.

Terlepas dari seberapa jagonya sang mekanik, seberapapun pengalamannya seorang mekanik melakukan modifikasi supra ini, dan .... walaupun mampu merubah noken as menjadi spek racing dengan high speed tinggi sekalipun namun patut di pahami bahwa kualitas noken as sudah di buat dari pabrik dengan proses yang sangat teliti, kalau masalah derajat atau ukurannya sih bisalah kita mengaturnya, namun dari segi bahan ini yang menjadi kendalanya.

Karena pihak pabrik sudah meneliti dan membuat kem ini sedemikian rupa agar mampu menahan gesekan dan benturan pada kinerja tinggi, jadi kalau kem sudah di papas dan di bentuk lagi, saya jamin kekuatannya tidak akan berlangsung lama karena lapisan kulit bahan noken as itu sendiri sudah terkikis hingga kekuatannya pasti berkurang, walaupun sudah disepuh sekalipun, apalagi di sepuh sama tukang sepuh abal-abal, Coba saja kalo tidak percaya. Hehehee.....

Modifikasi Motor Supra - Karburator

Tips panduan Modifikasi motor supra selajutnya pada karburator, yang berfungsi sebagai penyuplai bahan bakar, dan wajib di ganti karena jika karburator bawaan pabrik tetap di pakai maka sama saja dengan bohong.

Karena spesifikasi mesin pada modifikasi motor supra ini kan sudah tidak standar lagi, otomatis penyuplai bahan bakar ini harus di sesuaikan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk ini kita bisa mengandalkan karburator punya motor Honda NSR SP yang berlabel keihin PE 28, karena karburator Honda NSR ini telah terbukti kemanjurannya dalam mendongkrak tenaga mesin, namun dengan catatan penyetelannya juga harus benar lohh....

Selain karburator Keihin PE 28 milik Honda NSR SP, kita bisa megaplikasi dari karburator milik yamaha RX King, yang menganut lubang venturi ukuran 26mm. Selain itu karburator motor model Koso beventuri 24mm pun bisa di gunakan tinggal bagaimana kita bisa mengaplikasinya saja.

Modifikasi Motor Supra - Pengapian

Untuk urusan pengapian bisa kita andalkan CDI dan Koil dari merek Rextor atau merek BRT, atau juga merek TDR, karena dengan penggantian CDI dan Koil spek racing akan sangat berpengaruh pada akselerasi hingga top speed yang mampu meningkat tajam.

Dalam melakukan modifikasi motor supra jika tetap mengandalkan per kopling dan kampas kopling bawaan supra pasti akselerasi tetap lelet maka coba di ganti dengan per kopling racing dari produk BRT, produk Kitaco, produk HRP, atau TDR dan masih banyak produk racing lainnya yang berkualitas tinggi tinggal bagaimana kesiapan dana yang kita miliki.

Namun jika dana untuk melakukan modifikasi motor supra ini terbatas, maka kita bisa dengan tetap memakai bawaan honda Supra X125 yang di beri tambahan ring pada per kopling tersebut.

Modifikasi Motor Supra - Bahan Bakar

Tips panduan modifikasi motor supra pada bagian bahan bakar, di sarankan pergunakanlah bahan bakar yang beroktan tinggi, karena perubahan yang telah di lakukan pada modifikasi motor supra ini maka otomatis penggunaaan bensin oktan rendah akan sangat berpengaruh pada unjuk kerja mesin, dan menghasilkan panas mesin yang berlebihan.

Karena saat bensin di hisap pada kompresi yang sudah agak tinggi pada saat itu tekanan bensin dan suhu dalam silinder akan naik dan pada saat itu, yang memicu terjadi pembakaran adalah suhu. hal inilah yang menyebabkan terjadi pembakaran dengan sendirinya yang di kenal dengan istilah pree ignition.

Namun jika menggunakan bensin oktan tinggi bensin tidak akan mudah terbakar oleh panasnya suhu tersebut. Perlu di pahami bensin oktan tinggi berfungsi untuk mencegah pembakaran awal, dan akan bekerja maksimum pada siklus putaran mesin yang telah di tentukan.

Modifikasi MotorSupra - Rasio

Pada modifikasi motor supra pada bagian akhir kita fokus pada perbandingan gir persneling yang di bahasa bisnis bengkel motor yakni rasio. Honda supra X125 memiliki salah satu kekurangan yang agak fatal pada bagian ini. Yaitu di saat kecepatan tinggi, di saat masukin persneling pada posisi persneling tiga ke persneling empat, pada saat persneling empat itulah, mesin mengalami ngedrop seakan tidak mampu mengatasi putaran mesin.

Hal ini terjadi pada semua merek honda supra X125 yang berarti sudah menjadi cacat bawaan pabrik. karena pada perbandingan rasio gir persneling supra ini kurang pas, pada persneling satu perbandingan girnya 35/14, persneling dua 31/20, persneling tiga 23/20 dan persneling empat 24/26. untuk mengatasi masalah ini kita hanya bisa mengganti dengan rasio set dengan merek merek racing seperti da atas.

Semoga artikel yang di tulis motor brain di situs bisnis motor pada tips panduan modifikasi motor supra ini bermanfaat bagi anda, kritik, saran dan pertanyaan bisa anda share dengan sopan disini.

Salam Otomotif

     “Motor Brain”
Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 bisnismotor.com
bisnismotor.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap